BADR ShortCourse x Internship: Week 1

Hello again!

Kali ini, saya mau cerita tentang minggu pertama magang di Badr Interactive – sebuah IT Startup yang sedang dalam perjalanan meraih mimpi besarnya.

Sebelumnya, gimana ceritanya bisa magang di Badr?

Di ujung semester lalu, saya memang sangat ingin memberanikan diri (lagi) untuk daftar magang (setelah semester sebelumnya mencoba namun tidak mendapat respon). Akhirnya saya menyiapkan (lagi) CV dan body email, dan kali ini semacam portofolio. Ketika semua sudah siap, saya lihatlah lowongan-lowongan yang beredar. Ada magang di fakultas, Jakarta Smart City, Tokopedia, Bukalapak, dekoruma, sampai akhirnya saya mendapat jarkoman dari teman saya tentang magang Badr Interactive. Berikut posternya

351533

Super gemay sekali ya maskotnya :3

Saya memutuskan mendaftar untuk Jakarta Smart City dan Badr Interactive, simply karena keduanya menawarkan magang rasa belajar. Kayaknya, saya masih terlalu cupu untuk mendaftar magang rasa kerja sesungguhnya. Okay, jadi saya mendaftar sebagai programmer – esp. web developer. Sebagai anak SI yang bisa dihitung jari ngerjain proyek web, saya bisa dibilang nekad sih… Alhamdulillah, ada balasan positif dari keduanya. Singkat cerita, akhirnya saya memilih Badr ketimbang JSC karena Allah menunjukkan saya kalau Badr adalah yang terbaik (basicly dengan pertimbangan waktu magang JSC minimum 3 bulan dan lokasi yang jauh dari rumah) ehehe.

Jadi pas hari pertama saya baru tahu Tim Intern di Badr turns out cuma 6 orang! Program internship dengan konsep course ini ternyata juga baru pertama kali diadain oleh Badr. Just how lucky I was :”

Well, let me introduce you to the interns

  • Frastika Geovani (Tika), perempuan Minang, freshgrad Desain Interior ITB yang mau career shifting ke UI/UX designer. Punya hobi travelling dan mau membangun citra diri sebagai traveller soon to be vlogger. She’s so humble, talkative, and have a broad knowledge! Role: hipster. Jangan lupa buka instagramnya di sini.
  • Diego Hasibuan (Go/Diego/Guido), anak Bekasi, senior di Fasilkom (lK 2013), technopreneur, punya startup MMC Rajawali dengan produk-produknya yang kece. Sangat produktif dan efektif, istilahnya get things done. Sekarang sedang menjalani tingkat akhir dan mencari persinggahan karena lelah PP Depok-Bekasi. Role: hustler. Jangan lupa buka bisnisnya di sini.
  • Irsyad (Ijad), arek Suroboyo. Masih kuliah di Komunikasi UnAir tapi udah punya dan mimpin banyak perusahaan. Punya wawasan dan kenalan super duper luas. Sangat humble dan garagu buat nge-share ke tim tentang apapun itu yang very interesting to know. Semacam Uber-fan. Role: hustler. Jangan lupa buka bisnisnya di sini.
  • Sigit Prabowo (Git/Sigit), anak Bekasi (lagi), mahasiswa tingkat akhir di IPB. Kenal pertama kali pas jadi LO buat timnya dia, Bitart Labs, di Gemastik 9. Ternyata dunia sempit – ga deng. Developer sejati. Role: hacker. Jangan lupa buka blognya di sini atau produknya di sini.
  • Fahri Zulmes (Zulmes/Fahri), lulusan PNJ, kalau gasalah DKV atau semacam desain grafis pokoknya. Punya keahlian ilustrasi yang sangat jago, dengan stylenya yang lucu tapi simple. Katanya mau ikut internship ini karena mau menjadi lebih sosial. Role: hipster. Jangan lupa buka portofolionya di Instagram di sini.
  • Ayu Fatmawati alias saya, anak ingusan yang nekad daftar jadi hacker :”)

Di antara mereka semua, saya berasa yang paling cupu. Sedih, tapi senang karena jadi motivasi buat saya untuk terus mengembangkan diri. Sekarang saya masih belajar Android programming karena seharusnya saya bantuin Pak Yono di Complete Quran, tapi juga sembari bantuin Kak Wahyu buat konten di Verivy tentang UX. Setiap hari, saya mencatat apa yang saya dapatkan dari internship di Badr ini. Kalau kata Tika, “There’s something new everyday.” #Badrlyfe. Menurut saya, “IYA BANGET!”. Ini catatan singkat Week 1 saya:

  • Hari 1 : dapet materi video tutorial Android programming
  • Hari 2: buat BMC, belajar tentang lean startup, buat keep-add-drop versi Ayu, sepakat buat daily routine
  • Hari 3: dapet ilmu baru tentang marketing & campaign, internet research tentang capturing persona dan user testing
  • Hari 4: analisis kompetitor, buat rancangan konten blog Verivy
  • Hari 5: liat orang jadi tester di Verivy, lebih paham tentang fitur klien-admin dan deliverable di Verivy.

Doa saya sih cuma satu: semoga saya tidak hanya sekedar jadi penghabis oksigen, alias semoga keberadaan saya memberi manfaat buat Badr :”) Lain lagi soal ekspektasi saya akan Badr, dengan ikut magang ini saya ingin sekali jadi lebih percaya diri, valuable – di bidang saya, konsisten, dan efektif; dan saya rasa di bawah lindungan bimbingan Kak Wahyu dan Kakak-Kakak Badr lainnya, sedikit-sedikit saya belajar menjadi Ayu v2.0 – a better version than the me before. Semoga saja Pasti bisa.

Salam,

Ayu Fatmawati

P. S. Maafin kalau banyakan curhatnya ketimbang catatannya :”

Leave a Reply

