BADR ShortCourse x Internship: Week 2

Halo!

Kembali lagi dengan saya masih mau cerita tentang magang di Badr Interactive yang semakin interaktif di minggu kedua 🙂

Setelah melalui minggu pertama dengan pemahaman dan pencanangan pengembangan Verivy, mulailah minggu kedua dengan saya yang masih harus belajar Android programming dan belajar lebih tentang usability testing :”)

Jadi, apa sajakah yang sudah saya lalui dalam satu minggu ini?

> Senin, 2017-01-16

Ijad gamasuk karena harus ujian di kampusnya di Surabaya. Saya masih dapet tugas buat konten tentang Usability Testing. Jadi semakin banyak tau blog-blog tentang UX thingy. Masih nge-draft tulisan tentang UCDC (User Centered Design Canvas) sampai sekarang (sad) wkwk.

Mulai ngerancang jadwal buat SIAK War #salahfokus. Nambah morning routine supaya lebih produktif yea!

> Selasa, 2017-01-17

Ijad pulang dari Surabaya bawa makanan khas Gresik namanya Kuldak (cmiiw) yang saya makan jam 10 dan sukses buat nahan kenyang sampai jam 4 sore. Kayaknya harus nyetok Kuldak biar gaboros. Kak Wahyu ngundang Kak Amri, PM utama Badr yang pengalamannya super keren. Kak Amri ngeshare tentang pengalaman beliau ngehandle berbagai klien yang ternyata mereka rata-rata gabanyak paham tentang produk IT yang baik itu kayak gimana.

Dapet materi dari Kak Jay tentang Ideas & Vision. Dapet tugas buat 20 ide (including latar belakang, target pasar, 5 why, sampai rancangan mvp).

> Rabu, 2017-01-18

Di Badr, setiap dua minggu ada Knowledge Sharing. Di sini, siapa aja bisa ngeshare pengetahuan-pengetahuan apapun yang bisa ngasih insight, intinya buka wawasan banget! Di knowledge sharing, Kak A… (lupa huhu) kemarin ngebahas tentang insight yang didapat dari ikut Game Prime tentang industri game (di Indonesia). Seru banget! Bahkan, buat saya yang bukan gamer ataupun game developer, rasanya beruntung banget saya bisa ikutan sesi ini :”)

Akhirnya pindah tugas buat halaman FAQ (yeay title developer seengganya gasalah-salah banget).

> Kamis, 2017-01-19

Datengnya setengah hari karena harus ngurus kuliah dulu. Berasa kok-masih-banyak-aja dan makin berat kelas-kelas semester ini :” Face it, Yu! Semoga ke depannya sesuai harapan. Aamiin!

Pas dateng, dapet tugas buat cari desain blog buat Verivy Blog dan boleh langsung deploy. Dapet hiburan dari Duo Cok (Zulmes & Sigit) + Tatan Senior (Ijad) dengan kerandoman dan kejayusan mereka yang suka gajelas; efek kebanyakan nginep di kantor kayaknya.

Sebelum pulang, dapet ilmu berharga tentang perkembangan web dev yang baru-baru dari Kak Agung, partner Kak Wahyu, kayak Less css, NoSql, Grint, React, dan macem-macem yang  wah baru denger pertama kali ini! Makin mumet kepala ini, Bung! Kalau kata Kak Agung, kalo mau belajar enaknya cari How To … di Youtube. Mantaps!

> Jumat, 2017-01-20

Finally I am completely in Kak Wahyu’s squad! Alhamdulillah, tapi tetep lanjut belajar Android-nya ya, Yu :”) Walaupun Kak Wahyu sendiri bingung mau ngasih kerjaan apa ke saya – haha. Semangat, Kak! Semangat saya! Sekarang sih saya masih nge-develop Verivy Blog. Semoga ke depannya aku menjadi orang yang semakin bermanfaat :”)

Setiap Jumat, Badr punya budaya baca Al Kahfi. Hebat! Hari ini juga, ada materi dari Kak Jay lagi. Sebelum materi, Tika udah prepare biar kalo direkam nanti bagus, tapi sayangnya the camera didn’t work well 😦 Ini contoh bukti bahwa manusia hanya bisa berencana #yak.

Kak Jay hari ini cerita tentang building product, tentang pentingnya validation before deployment. Kami – anak intern – dikasih waktu satu menit untuk coba pitching satu/dua ide yang dibuat. Sebenernya ada materi startup grow juga tapi ditunda karena waktunya gacukup. Di akhir, Kak Jay ngasih tugas ke kami untuk pitching 3 ide terbaik dan direkam dan diupload #wew. Katanya ini bisa jadi bentuk latihan pitching – since kalau mau bagus satu kali, latihannya 100 kali. Hari ini juga saya aktif bertanya – sebenernya cuma nanya sekali, gpp ini namanya #sebuahpeningkatan! Yeay!


Di meja intern, Kak Wahyu dan Ijad suka nyetok buku-buku bagus motivasional. Minggu ini, karena harus buat artikel tentang UX, ada satu buku yang saya baca sedikit-sedikit-banyak, judulnya Don’t Make Me Think. Bukunya ngejelasin banyak tentang UX terutama buat web design. Ada juga buku judulnya Maxwell Daily Reader, isinya 100 tulisan Maxwell untuk 100 hari – tagline bukunya: improving the leadership in you. Belum mulai baca serius, kayaknya minggu depan harus baca itu pas istirahat mumpung masih di Badr.

Alhamdulillah minggu kedua selesai, semoga minggu ketiga lebih berkah (pray) 🙂

Cheers,

Ayu Fatmawati

P. S. InsyaAllah Verivy will be massivelly-and-maximally-launched next Wednesday. Doakan kami ya!

P. P. S. Btw, minggu ini saya belajar mengenai penolakan – sebagai hal yang seharusnya tidak kita takuti (tapi masih tetep sedih sih) wkwk :”)

P. P. P. S. Btw, tadi ngeliat anak-anak SD sedang dijemput sama orang tuanya, jadi mikir mungkin gacuma si anak yang gasuka tumbuh dewasa, orang tua mungkin gitu (gasuka anaknya cepat besar) juga – since kayaknya makin besar makin jarang waktu anak untuk orang tua :”)

P. P. P. S. Wah post ini lebih dari 750 (including this point)! #sebuahpencapaian #gapenting

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s